Home » » Segudang Khasiat Daun Sirih Termasuk Bagi Mulut Dan Jantung

Segudang Khasiat Daun Sirih Termasuk Bagi Mulut Dan Jantung

Hayo, nenek siapa yang tidak tau daun sirih? Loh kok! Ya tentu saja nenek-nenek dijadikan patokan/ indikator kepopuleran daun segudang khasiat ini. Soalnya, mayoritas nenek-nenek sering mengunyah daun ini untuk menjaga agar gigi tetap kuat dan sehat.

Nenek saya pun masih menggunakan ramuan tradisional ini. Tapi sayang, seiring dengan berkembangnya zaman dan dalih keefisienan menggunakan pasta gigi, kebiasaan menguyah daun sirih yang terbilang murah bahkan gratis ini justru semakin ditinggalkan. Hemmmm….

- Daun sirih menyehatkan mulut (Gusi dan Gigi) jika dikunyah.
Jika kita perhatikan orang tua zaman dulu, meski seluruh rambut mereka telah memutih,
tapi gigi mereka masih utuh serta terlihat putih dan sehat. Itu karena kebiasaan mereka sering mengunyah daun sirih. Dalam penelitian mengungkap ternyata daun sirih (Piper betle L atau Chavica aurculata Miq) mengandung bahan kimia seperti minyak atsiri (kadinen, kavikol, sineol, eugenol, karvakol) dan zat samak. Bahan-bahan tersebut sangat berkhasiat menjaga kesehatan mulut dan tentu saja alami. Berbeda ya dengan orang tua zaman sekarang, meski rambut masih hitam tetapi gigi sudah ompong. Hehehe…

                Cara sehatkan/sembuhkan sakit gigi/pembengkakan gusi dan hilangkan bau mulut :
* Ambil 1 lembar daun sirih kemudian cuci hingga bersih. Daun tersebut dikunyah dan ditahan sekitar 10 menit dalam mulut lalu ludahkan. Lakukan hal itu 2-3 kali sehari.
* Jika tidak menyukai cara diatas, kita bisa merebus 5-6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin atau masih dalam keadaan hangat-hangat kuku, gunakan untuk berkumur 2-3 kali sehari.

- Menghentikan mimisan
Mimisan (keluar darah dari hidung) yang terjadi karena berbagai faktor, seperti akibat terbentur, infeksi, perubahan cuaca dan lain-lain dapat disembuhkan dengan daun sirih. Caranya cukup mudah, hanya dengan menutup hidung yang mimisan dengan selembar daun sirih yang sebelumnya telah digulung. Tunggu 10-15 menit, maka mimisan akan segera berhenti. Oh ya, sebaiknya selama hidung disumbat penderita harus pada posisi rebahan.

- Sakit jantung
Selain menyehatkan mulut, daun sirih juga digadang-gadang  bisa mencegah dan mengobati sakit jantung. Berikut caranya.
Sirih yang saling bertemu kedudukan ruasnya.
Kurang lebih terlihat seperti gambar diatas
*Cuci 3-5  lembar daun sirih yang saling bertemu kedudukan ruasnya, campurkan dengan tiga buah bawang merah, dan 4 buah biji kemukus. Kemudian, tumbuk hingga hangus bersama satu sendok teh jintan. Tambahkan empat sendok makan air matang. Agar rasanya manis bisa kita tambahkan madu alami, bukan gula. Setelah itu aduk bahan tersebut hingga merata dan saring.
Minum air ramuan tersebut 2-3 kali sehari. Bila rajin meminumnya Insya Allah penderitaan akan berkurang dan sembuh. Lalu kenapa harus daun sirih yang bertemu kedudukan ruasnya? Wah itu saya belum tau jawabannya. Mungkin karena kandungan kimia daun sirih yang saling bertemu kedudukan ruasnya lebih besar beberapa kali lipat dibanding daun sirih yang tidak bertenu ruas. Menurut mitos, daun sirih yang saling bertemu kedudukan ruasnya bisa juga digunakan sebagai media pelet, wowwwww. Yang ini nggak usah dibahas ya, karena keluar dari topik berita, hehehe.

- Menyehatkan Miss V
*Rebuslah sepuluh lembar daun sirih dengan air ± 400 cc. Setelah mendidih, diamkan hingga dingin. Gunakan air rebusan untuk membasuh organ intim tiap kali mandi.

- Menghilangkan jerawat
* Untuk menghilangkan jerawat di wajah dan punggung, kita bisa menggunakan 12 lembar daun sirih yang dicampur dengan sepotong jahe. Caranya: masukkan keduanya dalam cangkir/gelas, kemudian seduh dengan air panas yang baru mendidih/ atau kita bisa merebusnya langsung. Minum ramuan ini selagi hangat 2-3 kali sehari. Selain jerawat, ramuan ini juga berkhasiat menghilangkan bintik-bintik hitam.

- Menghilangkan bau badan
*Untuk menghilangkan bau badan, sebanyak 2-3 lembar daun sirih direndam dalam ½ gelas air panas yang baru mendidih. Kemudian tambahkan satu sendok teh gula putih/madu. Tunggu hingga air menjadi suam-suam kuku. Setelah itu ambil daun sirihnya/ saring, minum airnya. Lakukan hal ini secara rutin.

- Sembuhkan Batuk
* Untuk menyembuhkan batuk, kita bisa menggunakan 5-6 lembar daun sirih yang direbus dengan 2 gelas air yang dicampur bahan cengkeh, kapulaga, kemukus, masing-masing 11 biji dan kayu manis seukuran 1 jari tangan. Tunggu hingga airnya menjadi 1 gelas.
Aturan pakainya :
Anak umur 1 s.d. 3 tahun 3 kali sehari 1 sendok makan.
Anak umur 4 s.d. 5 tahun 3 kali sehari 3 sendok makan
Anak umur 6 s.d. 11 tahun 3 kali sehari 5 sendok makan
Dewasa 3 kali sehari

- Sembuhkan Bisul
Ambil daun sirih secukupnya kemudian dicuci bersih. Setelah itu digiling hingga halus dan oleskan pada bisul dan sekelilingnya. Selanjutnya di balut perban. Ingat ramuan ini harus diganti sehari dua kali.

- Sembuhkan Mata Merah dan Gatal
Rebus 5-6 lembar daun sirih dengan segelas air. Setelah dingin gunakan untuk mencuci mata dengan bisa menggunakan mangkuk dan rendam mata dalam mangkuk tersebut. Lakukan hingga mata menjadi normal. Cara ini juga dapat membersihkan dan menjernihkan mata sehingga akan tampak lebih sehat.

- Sembuhkan Korengan dan Gatal-Gatal
Sebanyak 20 lembar direbus, saat hangat dipakai untuk cuci bagian tubuh yang korengan dan gatal-gatal.

Dikutip dari berbagai sumber


Edited By Bangharri


Maybe You Like To Share This Article..


Saved under :
Avatar

by Ciprut-Ciprut

Just sharing my knowledge. Berbagi pengetahuan adalah amal. Sebagaimana kata pepatah, sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain dan sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat.

0 Comments
Tweets
Fb Comments

No comments:

Leave a Reply