Home » » Mungkinkah Pada 2040 Asteroid Menabrak Bumi?

Mungkinkah Pada 2040 Asteroid Menabrak Bumi?

Ilustrasi (Foto : Google)
Lagi-lagi Berita mengejutkan tentang asteroid yang bakal menabrak bumi pada 2040 mendatang diungkap pihak Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Asteroid yang dinamai “2011 AG5” ini menjadi agenda besar dan sekaligus pekerjaan rumah bagi komite PBB dari divisi Scientific dan Technical.

2011 AGS berukuran 460 kaki atau sekitar 140 meter. Dan jika menyenggol bumi akan mengakibatkan kerusakan yang sangat dahsyat.
Sebagian dari kita mungkin berharap Asteroid ini hanya akan jatuh di Negara Amerika, seperti dalam film 2012. (hehehehe)

Seperti dilansir dari Daily Mail (28/02/2012), fakta tentang asteroid tersebut dilaporkan para ilmuan saat melakukan pertemuan PBB di Wina, Austria. Ilmuan tersebut juga mengungkap, 2011 AG5 merupakan  objek yang kini memiliki kesempatan tertinggi yang memberikan dampak pada planet Bumi serta dampak  itu diprediksikan akan terjadi pada tanggal 5 Februari 2040.

Sementara seperti diberitakan Space Daily, Rabu (29/2/2012), para peneliti baru mengamati pergerakan asteroid itu setengah orbit . “Kami baru mengamatinya selama sekitar setengah orbit, sehingga kepercayaan diri kami dalam perhitungan ini masih tidak terlalu tinggi," jelas Detlef Koschny dari European Space Agency di Noordwijk, Belanda.

Agenda pengamatan yang lebih intens akan dilakukan para ilmuan pada kurun waktu 2013 sampai dengan 2016. Ilmuan akan mencari langkah terbaik termasuk mengkaji misi pembelokan asteroid agar tidak bertumbukan dengan bumi. Peluang asteroid itu bersenggolan dengan Bumi adalah 1:625, prediksi ini dapat terus berubah seiring pergerakannya yang terus berubah

Sebelumnya para peneliti mengungkap bahwa sebuah Asteroid yang dinamai Apophis juga akan menghantam bumi. Asteroid itu diperkirakan bertabrakan dengan bumi pada April 2036 mendatang.

Perlu diketahui, sebagai pembanding,  asteroid yang menyebabkan musnahnya spesies Dinosaurus 65 juta tahun lalu berukuran sembilan mil lebih lebar dari ukuran 2011 AG5.


Maybe You Like To Share This Article..


Saved under :
Avatar

by Ciprut-Ciprut

Just sharing my knowledge. Berbagi pengetahuan adalah amal. Sebagaimana kata pepatah, sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain dan sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat.

0 Comments
Tweets
Fb Comments

No comments:

Leave a Reply