Home » » Unik, Gajah Bisa Bahasa Korea

Unik, Gajah Bisa Bahasa Korea

Unik, seekor gajah jantan Asia bisa berbahasa Korea. Gajah yang diberi nama Koshik ini, kini menjadi subjek utama dalam jurnal Current Biology setelah diketahui bisa menirukan bahasa Korea. Cara berbahasa gajah ini pun unik, yakni dengan cara memasukkan belalai ke dalam mulutnya.

Lantas apa saja bahasa Korea yang diketahui gajah ini? Koshik diketahui dapat menyuarakan lima kata: annyong (halo), anja (duduk), aniya (tidak), nuo (berbaring), dan choah (bagus). Kemampuan berbahasa ini, disebutkan dalam jurnal tersebut, dapat membantu mempelajari evolusi vokal.

Angela Stoeger-Horwath dari University of Vienna, Austria, mengungkapkan manusia berbicara menggunakan dua aspek penting, yaitu pitch dan timbre. Secara mengejutkan, Koshik mampu menyamakan kedua hal ini.

"Secara akurat, dia (Koshik) bisa menyamai forman manusia seperti nada suara pelatihnya," kata Stoeger-Horwath, Kamis (1/11). Hal ini semakin mengejutkan karena ada perbedaan anatomi yang sangat besar antara manusia dengan gajah.

Diperkirakan, Koshik bisa melakukan ini karena faktor kesepian. Sewaktu masih remaja, Koshik merupakan satu-satunya gajah yang tinggal di Kebun Binatang Everland, Korea Selatan, selama lima tahun. Dalam periode hidup tersebut, perkembangan dan keterikatan gajah pada lingkungannya sangatlah penting. Dan manusia adalah satu-satunya kontak sosial Koshik.

"Cara dia mengucapkannya tidak dimaksudkan sebagai sebuah (kata) perintah. Saat dia mengatakan 'berbaring,' dia tidak akan marah jika Anda tidak melaksanakannya," tambah said Tecumseh Fitch, profesor biologi kognitif dari University of Vienna.

Sebelumnya, ada beberapa kasus yang memperlihatkan kecerdasan gajah dalam hal vokal. Seperti gajah afrika yang diketahui bisa menirukan suara mesin truk. Atau gajah jantan asia di Kazakhstan yang dapat berbahasa Rusia. Namun, kedua kasus ini belum pernah dibuktikan secara ilmiah.

Lalu apalagi motivasi Koshik dalam mempelajari bahasa Korea ini? Mungkin saja kemampuan berbahasa Korea Koshik dipengaruhi oleh maraknya film Korea yang beredar luas saat ini. Untuk itu Koshik pun mulai mendalami bahasa Korea.


Maybe You Like To Share This Article..


Saved under :
Avatar

by Ciprut-Ciprut

Just sharing my knowledge. Berbagi pengetahuan adalah amal. Sebagaimana kata pepatah, sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain dan sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat.

0 Comments
Tweets
Fb Comments

No comments:

Leave a Reply