Home » » Kemana Semut Pergi Saat Hujan?

Kemana Semut Pergi Saat Hujan?

Sarang Semut
Pernahkah kamu bertanya-tanya kemana para semut pergi saat hujan datang. Kita mungkin pernah melihat semut yang selalu berusaha menghindari genangan air maupun menghindar agar tidak  tersentuh air. Mereka akan berusaha mencari tempat yang kering tentu saja untuk membuat tubuh mereka tetap hangat.

Jika ada hujan semut akan segera berteduh mencari tempat yang terhindar dari guyuran hujan.  Jika intensitas hujan ringan sampai sedang, sebagian besar semut akan mengambil langkah penyelamatan diri. Sama seperti kita, mereka juga akan berlindung. 
Kamu mungkin akan menemukan semut di bawah dedaunan atau celah-celah batu. 

Tahukah kamu? jika hujan cukup ringan para semut mungkin cukup senang tinggal di luar dan bahkan menikmatinya sedikit. Akan tetapi lain halnya jika hujan deras. Maka keadaan akan menjadi sangat berbeda. Semut sama sekali akan menghentikan produktifitasnya dan tidak akan bernegosiasi dengan kondisi ini. Mereka selalu mengantisipasi jika terjadi banjir yang dapat menghancurkan sarang-sarang mereka. Oleh sebab itu, semut telah memprediksi dalam memilih tempat untuk sarang mereka agar bisa semaksimal mungkin terhindar dari banjir.

Pada kenyataannya, meski semut tidak akan tenggelam oleh genangan air, namun air bisa menghancurkan sarang mereka dan akan cukup membuat mereka kewalahan dalam membangun kembali sarang mereka, karena mereka akan terlantar dalam lingkungan baru. Selama banjir dan air mengalir, semut akan menggali agar menemukan kantong-kantong udara di liang bawah tanah. Mereka hanya membutuhkan sedikit oksigen untuk dapat  bertahan selama berminggu-minggu menggunakan kantong-kantong udara yang selalu tersedia bahkan di daerah-daerah padat banjir.
Setelah hujan mereda maka akan ada tingkat kelangsungan hidup yang tinggi bagi para semut untuk kembali melakukan aktifitasnya. Seperti mungkin, para semut akan pergi untuk menemukan sarang kering baru.
Diperkirakan bahwa para semut bisa merasakan akan timbulnya cuaca yang sangat basah dan membuat rencana sebelum kita manusia lakukan. Hal ini sering diamati pada daerah –daerah saat musim hujan.  Para semut akan berbondong-bondong untuk bermigrasi mencari tempat kering untuk dibangun sarang. 


Maybe You Like To Share This Article..


Saved under :
Avatar

by Ciprut-Ciprut

Just sharing my knowledge. Berbagi pengetahuan adalah amal. Sebagaimana kata pepatah, sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain dan sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat.

0 Comments
Tweets
Fb Comments

No comments:

Leave a Reply