Home » » Prinsip Kerja Suku di Indonesia Yang Patut Ditiru

Prinsip Kerja Suku di Indonesia Yang Patut Ditiru

Sebagai warga negara Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, budaya dan bahasa, dalam bekerja ada beberapa prinsip yang bisa kita terapkan sesuai dengan karakter suku-suku bangsa Indonesia tercinta.
Kita bisa menggunakan prinsip suku-suku ini agar sukses bekerja. Oke langsung aja kita liat suku-suku mana saja yang prinsipnya harus kita praktekkan dalam bekerja mencari nafkah.

1. Orang Batak
Kita tahu bahwa orang batak memiliki jiwa kerja keras yang tinggi dan pantang menyerah.
Mereka selalu
bekerja tanpa memilih-milih jenis pekerjaan yang ada. Hampir seluruh pekerjaan sanggup mereka kerjakan. Mereka tidak pernah malu dengan pekerjaan mereka, dan mereka selalu optimis menyelesaikan pekerjaan yang mereka lakukan. Jika mereka tidak memiliki keahlian terhadap suatu pekerjaan, mereka akan berterus terang tidak bisa melakukannya.
2. Orang Jawa
Orang jawa merupakan populasi terbanyak di Indonesia. Keberadaan mereka hampir diseluruh daerah, dan biasanya sebagai pendatang, mereka akan menjadi penduduk yang mendominasi kedua setelah suku tempat daerah asli yang mereka singgahi. Orang jawa kalau bekerja tidak pilih-pilih tempat. Mereka bersedia bekerja dimana saja asalkan kebutuhan hidup dapat terpenuhi. Prinsip yang dipakai ialah “yang penting dapur bisa ngebul”. Bekerja dengan ramah.
3. orang Padang
Pernah berbelanja pakaian ditoko milik orang padang. Kalau pernah kamu pasti akan sedikit dipusingkan dengan celotehan mereka. Yap, jangan harap kamu akan berhenti mendengar celotehan mereka sampai kamu membeli dagangan yang mereka tawarkan. Kepintaran dan kepiawaian bersilat lidah orang padang memang tidak diragukan lagi. Mereka bisa menghipnotis kita dengan kata-kata sehingga kita pun surut dalam buaian mereka (Ceileeeee…). Trik yang mereka pakai dalam menjajakan dagangan biasanya dengan menawarkan harga beberapa kali lipat dari modal, dan tentu saja kita diperbolehkan menawar.  Biasanya sih kita terlalu sumringah mendapat barang setelah menawar lebih dari setengah harga. Padahal sih untung mereka masih lebih. Hehehe…
Oke Ringkasnya kalau mau sukses kita bisa pake prinsip tiga suku ini. Kita pakai prinsip orang batak, yakni bekerja dengan giat dan pantang menyerah. Pakai prinsip orang jawa, jangan pilih-pilih pekerjaan selama kita bisa hidup dengan pekerjaan itu dan selagi kita mampu melakukannya. Prinsip orang padang, Jangan nyerah selagi sesuatu itu belum kita dapet.
Oh iya ini bukan rasis, hanya menggambarkan sedikit pengetahuan yang saya ketahui. Dan seperti kita ketahui, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi gak ada salahnya kita mengkombinasi kelebihan yang ada agar lebih baik. Mungkin itu aja gan, jangan lupa komentar baik berupa kritik, saran dan masukan asal bukan cacian dan makian. Silahkan ditambahin…..


Maybe You Like To Share This Article..


Saved under :
Avatar

by Ciprut-Ciprut

Just sharing my knowledge. Berbagi pengetahuan adalah amal. Sebagaimana kata pepatah, sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain dan sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat.

0 Comments
Tweets
Fb Comments

No comments:

Leave a Reply