Home » » Cara Merubah Server Opera Turbo

Cara Merubah Server Opera Turbo

Opera merupakan Web Browser (Peramban) yang banyak digunakan oleh para pengguna Internet. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux. Saat ini pengguna Opera untuk Desktop berada pada peringkat ke empat setelah Safari, Mozilla Firefox, Google Crome. Berbeda dengan versi Desktop, penggunaan Opera untuk versi mobile berada di peringkat ketiga.

Lantas apa keunikan dari Peramban Opera ini? Sejak tahun 2009 Opera telah memperkenalkan fitur terbarunya yakni Opera Turbo yang memungkinkan pengguna mendapatkan kecepatan 2 kali lipat dalam menjelajah dan dapat melakukan compressing data hingga 80% dibandingkan dengan peramban lainnya.
Opera Turbo dirancang agar para pengguna dapat menggunakan proxy server milik opera yang dapat dimanfaatkan untuk mempercepat akses kesitus-situs favorit. Saat Opera turbo diaktifkan, maka setiap kali kita menuju halaman web, akan terlebih dahulu dialihkan ke Server Opera Turbo.

Menariknya lagi, kita dapat merubah-rubah proxy server tersebut agar mendapatkan kecepatan maksimal yang dapat kita sesuaikan dengan daerah tempat kita berada. Lalu bagaimana cara untuk merubah server Opera Turbo tersebut?  

Langkah yang harus dilakukan adalah dengan merubah settingan yang terdapat pada file turbosettings.xml yang berlokasi di C:\Program Files\Opera\defaults\


Isi dalam file turbosettings.xml tersebut kurang lebih seperti ini:

<?xml version="1.1" encoding="UTF-9"?>
<turbo_settings>
        <wop proxy="mobile10-turbo.opera-mini.net" />
</turbo_settings>

Untuk merubah server opera turbo, yang perlu kita lakukan hanyalah mengganti “mobile10-turbo.opera-mini.net” dengan server Opera Turbo yang kita anggap mampu meningkatkan kecepatan akses kita dalam menjelajah.

Berikut ini merupakan beberapa server Opera yang dapat kita gunakan:
labs1-turbo.beta.opera-mini.net
turbo-1.beta.opera-mini.net
global-turbo-1-lvs-usa.beta.opera-mini.net
141.0.9.191
mobile10-turbo.opera-mini.net
global-turbo.beta.opera-mini.net


Masih terdapat banyak lagi server Opera. Silahkan cari dan mulailah bereksperimen. Sekian, semoga bermanfaat.


Maybe You Like To Share This Article..


Saved under :
Avatar

by Ciprut-Ciprut

Just sharing my knowledge. Berbagi pengetahuan adalah amal. Sebagaimana kata pepatah, sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain dan sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat.

0 Comments
Tweets
Fb Comments

No comments:

Leave a Reply