Home » » Peneliti Klaim Batuan Di Meksiko Sama Dengan Di Mars

Peneliti Klaim Batuan Di Meksiko Sama Dengan Di Mars

Sekelompok peneliti mengklaim batuan gipsum di Cuatro Ciénegas, Meksiko, sama dengan batuan yang ada di Planet Mars, planet yang kini sedang dijelajahi oleh robot berteknologi tinggi milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Curiosity.

Klaim tersebut dipertegas setelah tim ini menganalisa komunitas bakteri yang selamat dari bencana kebakaran dan banjir di Cuatro Ciénegas. Menurut Valeria Souza, ekolog evolusioner dari National Autonomous University of Mexico, Cuatro Ciénegas sangat mirip dengan kawah Gale di Mars. Lokasi di mana Curiosity berada saat ini.

"Lanskap ini adalah tempat gipsum yang dibentuk oleh api di dasar laut," kata Souza, Senin (29/10). Ditambahkannya, komponen sulfur dari magma dan mineral dari laut dibutuhkan untuk membentuk gipsum. Magma di dasar laut di cekungan Cuatro Ciénegas termasuk sangat aktif. Membuatnya mudah berpindah pada Periode Jurassic.

Namun, para peneliti belum bisa memastikan apakah ada pergerakan tektonik yang sama di Mars. Mereka hanya meyakini jika pernah terjadi tumbukkan meteorit yang jatuh di laut purba Mars.

Peneliti lain yang terlibat dalam pengoperasian Curiosity menyatakan sudah mendeteksi gipsum di kawah Gale. Ini menandakan pernah ada air dengan kandungan mineral tinggi. Selain itu sulfur juga bisa terbentuk karena adanya tumbukan meteorit.

"Oasis di tengah gurun Chihuahua ini adalah mesin waktu bagi organisme yang bersama sebagai sebuah komunitas, mengubah planet biru kita dan selamat dari segala macam bentuk kepunahan," tambah Souza.

Wilayah Cuatro Ciénegas merupakan wilayah perlindungan bagi flora and fauna. Namun, keberlangsungannya kini terancam karena air di wilayah itu sedang mengalami kekeringan.


Maybe You Like To Share This Article..


Saved under :
Avatar

by Ciprut-Ciprut

Just sharing my knowledge. Berbagi pengetahuan adalah amal. Sebagaimana kata pepatah, sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain dan sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat.

0 Comments
Tweets
Fb Comments

No comments:

Leave a Reply