Home » » Darah Bombay : Golongan Darah Terlangka

Darah Bombay : Golongan Darah Terlangka


Selama ini kita hanya mengenal 4 macam golongan darah yakni A, B, AB dan O. Namun ternyata ada satu golongan darah lagi yang jarang diketahui publik. Golongan darah tersebut adalah golongan darah Bombay.

Disebut golongan darah Bombay sebab golongan darah ini pertama kali ditemukan di Bombay, India oleh Kelompok Donor darah setempat, kurang lebih 100 tahun silam atau sekitar tahun 1900-an.

Dari setiap 250.000 orang hanya satu orang yang kemungkinan memiliki golongan darah ini, kecuali di India. Dalam pengamatan di India dari 7600 orang salah satunya memiliki golongan darah ini. Jenis darah Bombay ini juga diperkirakan hanya dimiliki oleh mereka yang merupakan keturunan India khususnya bagian Timur India.

Golongan darah bombay diketahui bukan merupakan kelompok atau bagian dari golongan A atau B, meski sebagian menganggapnya kelompok darah O. Saat dilakukan tes lebih lanjut, kelompok Darah Bombay  memiliki kecocokan untuk O negatif atau O positif lantaran tidak adanya Antigen 'h'.

Lalu apa kelebihan dari pemilik golongan darah ini. Hingga saat ini penelitian lebih lanjut masih dilakukan untuk mencari kelebihan dari pemilik golongan darah ini, seperti apakah mereka kebal terhadap jenis penyakit tertentu.

Namun efek negatifnya diketahui yakni pemilik darah Bombay hanya bisa menerima transfusi darah dari golongan darah yang sama. Jika tidak, akan mengakibatkan reaksi transfusi hemolitik yang dapat berakibat fatal hingga menyebabkan kematian. Meski begitu, fenotipe Bombay bisa ditransfusikan keseluruh golongan darah.

Fenotipe Bombay merupakan golongan darah langka yang menunjukkan tidak adanya antigen A, B, H pada sel darah merah, melainkan menunjukan adanya antibodi -A, anti-B dan anti -H dalam serum.

Individu-individu langka dengan fenotipe Bombay tidak mengekspresikan zat H pada sel darah merah mereka dan oleh sebab itu antigen A atau B tidak terikat. Sebaliknya, mereka memproduksi antibodi untuk zat H (yang hadir pada semua sel merah kecuali yang dari fenotipe hh) serta untuk kedua antigen A dan B. Dan karenanya hanya kompatibel dengan donor hh lainnya.

Jika kamu pemilik golongan darah Bombay, ada baiknya kamu rutin melakukan donor darah dan menyimpannya pada bank darah. Itu ditujukan agar sewaktu-waktu kamu membutuhkannya, kamu tidak akan kesulitan mencari pemilik golongan darah yang sangat langka ini.



Maybe You Like To Share This Article..


Saved under :
Avatar

by Ciprut-Ciprut

Just sharing my knowledge. Berbagi pengetahuan adalah amal. Sebagaimana kata pepatah, sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain dan sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat.

0 Comments
Tweets
Fb Comments

No comments:

Leave a Reply